Bertemu STIP NTB, Universitas Hamzanwadi Bahas Kerja Sama

kerjasama_perdagangan.jpg

Pusat Kerja sama dan Humas (PKH) Universitas Hamzanwadi terus bergerak untuk membangun kerja sama dengan berbagai instasi pemerintah dan lembaga lain termasuk perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.

"Hari ini, kita bertemu kembali dengan pihak Science Technology and Industrial Park (STIP) NTB guna membahas tindaklanjut perjanjian kerja sama (PKS) yang telah dirinitis sejak tahun lalu," ujar Direktur PKH Universitas Hamzanwadi Dr. Muhammad Halqi, Kamis (14/01/2021).

Disebutkan, kerja sama dengan berbagai pihak ini dilakukan dalam rangka rangka ikhtiar membangun bangsa dan negara. Perguruan tinggi sebagai pencetak generasi cerdas dan berwawasan tidak hanya dalam konteka akademik tapi penelitian dan pengabdian.

"Tiga hal itulah yang dikenal dalam perguruan tingga dengan istilah tri darma perguruan tinggi. Jadi, Universitas Hamzanwadi dengan berbagai program studi terus membangun kerja sama sebagai bentuk pengabdian," ulasnya.

Beberapa catatan hasil diskusi pembahasan PKS adalah objek dan ruang lingkup perjanjian kerja sama yang akan dilakukan antara pihak STIP dengan Universitas Hamzanwadi hari ini ada beberapa poin.

"Pertama, kerjasama dalam hal penyediaan akses dan fasilitasi kepada pelaku usaha sebagai tempat magang dan tempat praktek sekaligus sebagai narasumber dan mentor," ujarnya.

Selanjutnya kata Halqi, kerjasama dalam rangka pengembangan keterampilan kewirausahaaan mahasiswa melalui penyelengggaraan mata kuliah yang berorientasi melahirkan perusahaan rintisan.

Selain itu, kerjasama dalam rangka pemanfaatan fasilitas serta sarana dan prasarana yang ada untuk kegiatan magang kerja dan usaha mahasiswa, khususnya fasilitas dan sarana prasarana yang ada pada STIP NTB.

"Terakhir, kita kerjasama dalam kegiatan lainnya yang disetujui dan saling menguntungkan di bidang pengembangan keterampilan kewirausahaan," terang doktor managemen pendidikan itu.

Sementara dari pihak STIP kata dia, akan membagi wilayah kerjasama menjadi 3 zona yakni, zona barat, zona timur, dan zona Sumbawa untuk menangani berbagai kegiatan tersebut.

"Jadi, Universitas Hamzanwadi akan menangani zona timur sebagai pusat kegiatan dalam kerja sama dengan STIP ini. Kita berharap semua program ini sukses demi NTB Gemilang," pungkasnya.