Detail Post

Dua Jurnal Kampus Menerima Sertifikat Akreditasi dari Kemenristekdikti

Penyerahan_sertifikat_akreditasi_jurnal_ilmiah.jpg

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus berupaya agar pengelolaan jurnal ilmiah yang ada di seluruh Indonesia memiliki kualitas yang baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan standarisasi pengelolaan jurnal melalui Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA).

Penilaian manajemen pengelolaan jurnal dan substansi artikel menjadi dua pokok penting dalam penilaian akreditasi jurnal. Peringkat akreditasi terdiri dari enam peringkat yaitu peringkat 1 (Sinta 1), peringkat 2 (Sinta 2), peringkat 3 (Sinta 3), peringkat 4 (Sinta (4), peringkat 5 (Sinta 5), dan peringkat 6 (SInta 6).

Hari ini, Kamis, 14 September 2019, dua jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi menerima sertifikat akreditasi jurnal yaitu Jurnal Elemen dan VELES. Sertifikat ini diterima karena kedua jurnal tersebut sudah memenuhi standar akreditasi dan berhasil memperoleh akreditasi masing-masing pada peringkat 3 dan peringkat 4.

Universitas Hamzanwadi menjadi salah satu dari 120 perguruan tinggi se-Indonesia yang menerima sertifikat akreditasi jurnal di Hall Cendrawasih 2, Jakarta Convention Center. Penerimaan sertifikat tersebut diwakili oleh Shahibul Ahyan, M.Pd. (Editor in Chief Jurnal Elemen).

Menjadi suatu kebahagiaan mewakili kampus tercinta dalam menerima sertifikat akreditasi jurnal, ungkap Shahibul. Beliau berharap, ke depan kedua jurnal tersebut mampu meningkatkan kualitasnya sehingga mampu naik peringkat, dan jurnal yang lain agar bisa terakreditasi seperti kedua jurnal tersebut.

Sehari sebelumnya, 13 September 2019, Editor in Chief VELES, Maman Asrobi, M.Pd. menjadi salah satu peserta Workshop Pengelolaan Jurnal Internasional Bereputasi di lokasi yang sama. Hal ini menjadi salah satu langkah awal bagi pengelolaan jurnal di kampus agar ada jurnal yang memiliki kualitas internasional, khususnya VELES. Diharapkan tahun 2020 mendatang VELES mulai mencoba menawarkan diri ke pihak internasional baik sebagai penulis, editor, maupun reviewer agar VELES menjadi salah satu jurnal internasional. [Ibl]