Hebat! Mahasiswa Hamzanwadi Meraih Juara 1 Duta Bahasa NTB

By Administrator 09 Mei 2018, 00:00:02 WIB PPL/KKN

Keterangan Gambar : Hebat! Mahasiswa Hamzanwadi Meraih Juara 1 Duta Bahasa NTB


Rabu (9/05) Setelah pada bulan lalu, tepatnya 21 April 2018, mahasiswa Universitas Hamzanwadi menyabet 3 juara sekaligus dalam ajang pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) yang diselenggarakan oleh BKKBN Provinsi. Kembali salah satu mahasiswi Universitas Hamzanwadi meraih prestasi yang sama, menjadi Juara 1 dalam pemilihan Duta Bahasa yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat di Grand Madani Hotel Mataram kemarin.

Irma Wahyuni Hakim, Mahasiswi semester 8 Program Studi Pendidikan Ekonomi ini, meraih juara 1 dan terpilih menjadi Duta Bahasa NTB 2018setelah berhasil menyisihkan 20 finalis lainnya. Sebelumnya ajang pemilihan Duta Bahasa NTB ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari seluruh NTB. Seleksi yang dilakukan meliputi tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) yaitu menjawab 105 soal terdiri dari 40 soal mendengar, 25 soal perbaikan kata, dan 40 soal wacana. Dari hasil seleksi tersebut kemudian peserta dipilih untuk masuk menjadi 20 besar. Tahapan berikutnya adalah presentasi esai, peserta yang masuk 20 besar ini (10 putra dan 10 putri) kemudian akan diminta memaparkan ide dan gagasannya tentang program yang akan dilakukan jika terpilih menjadi Duta Bahasa. Presentasi dilakukan secara berpasangan dengan waktu 20 menit dan dinilai oleh 3 panelis.

Satu hal yang menarik dalam presentasi esai para calon Duta Bahasa ini, masing-masing finalis ditantang untuk memperkenalkan diri menggunakan 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Daerag dan Bahasa Asing baru kemudian dilanjutkan dengan presentasi rencana dan ide program. Setelah melewati proses panjang tersebut, Irma Wahyuni Hakim yang mewakili Universitas Hamzanwadi berhasil menjadi yang terbaik. Irma didaulat sebagai juara pertama dan akan mewakili NTB untuk pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta. (asr)