welcome to Universitas Hamzanwadi

Detail Berita

F_-_MOK_Statistik.jpg
Admin
HMPS Statistika Gelar Pelatihan MOK

Sabtu, 20 Oktober 2018 – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Statistika, menggelar pelatihan Manajemen Organisasi Kepemimpinan (MOK). Pelatihan ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari mahasiswa Program Studi Statistika. Dalam kegiatan tersebut, ketua Program Studi Statistika, Muhammad Gazali, M.Pd, dalam sambutannya menjelaskan, pelatihan MOK ini merupakan salah satu dari program HMPS yang diperioritaskan pada penempaan dan pembinaan kepada mahasiswa Prodi Statistika yang baru menikmati bangku perkuliahan mereka di awal semester 1. Pak Kaprodi, sangat mendukung kegiatan- kegiatan pelatihan yang bisa melibatkan mahasiswa.

Dikatakannya bahwa kegiatan kemahaasiswa seperti pelatihan-pelatihan, seminar maupun kegiatan kemahasiswaan lainnya, sangatlah penting bagi pengembangan diri mahasiswa, maupun pengurus HMPS. Terlebih materi-materi yang disampaikan tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, sinergi serta tentang administrasi. Tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi pengurus organisasi HMPS dan mahasiswa.

Materi pertama tentang Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh pemateri Ramli Akhmad, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, pemateri 1 menjelaskan tentang kepemimpinan dan manajemen dalam berorganisasi. Dijelaskan, kepemimpinan merupakan sebuah seni mengelola diri dan menggerakkan orang lain. Kepemimpinan dalam arti luas, untuk sebuah organisasi maupun diluar organisasi, agar program kerja yang dijalan bisa terlaksana dengan baik, efektif dan efisien. Selain itu, bagaimana seorang pemimpin dalam sebuah program organisasi, baik sekala kecil maupun organisasi sekala besar, bisa menjadi teladan dan contoh bagi rekan maupun anggota organisasinya. Seperti yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara, “Ing Ngarso Sungtulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Seorang pemimpin harus bisa memberikan teladan, motivasi dan dorongan. Agar seorang pemimpin lebih khususnya seorang pendidik bisa memberikan teladan pada anak didiknya.

Pemateri kedua, Irwan Rahadi menyampaikan tentang sistem administrasi dan dokumentasi. Dikatakannya bahwa, setiap organisasi, sangatlah penting mempelajari yang namnya administrasi. Karena semua organisasi butuh administrasi yang baik. Termasuk dalam hal surat menyurat. Setiap penyelenggaraan kegiatan, surat menyurat itu menjadi sebuah keharusan dalam berorganisasi. Tidak lepas juga dari dokumentasi. Tanpa ada dokumentasi, pembuktian dari suatu kegiatan atau program, bisa dikatakan sangat lemah. Sehingga, demi mendukung dari sebuah sistem administrasi dalam berorganisasi, maka butuh adanya pelatihan-pelatihan seperti ini. Agar dalam proses pembuatan hingga penyaluran surat menyurat, bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan fatal soal administrasi yang biasa terjadi pada umumnya.  

Selain itu pemateri 3, M. Marzuki menyampaikan materi tentang membangun sinergitas dalam berorganisasi, juga menjelaskan bahwa, dalam berorganisasi terutama organisasi tataran kampus seperti HMPS, sinergi itu sangat penting. Baik antara Kaprodi, dosen, pengurus, anggota, maupun antar mahasiswa harus bisa bersinergi dengan baik. Berkoordinasi serta kerjasama yang baik sangat menentukan keberhasilan sebuah organisasi. (Ram)