PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI ADAKAN PKL DIRANGKAIKAN LOUNCHING DESA LABORATORIUM PROKLIM

20f3e0a9-3497-4e83-b4b3-6dab2dc8b885.jpg

Senin (09/12/19) : Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi mengadakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dirangkaikan dengan agenda Lounching Desa Laboratorium Program Kampung Iklim (Proklim).
Ketua Program Studi Pendidikan Geografi, Dr. Armin Subhani, M.Pd, mengatakan PKL dan Launching Proklim ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masayarakat Program Studi Pendidikan Geografi.
Pemilihan Desa Pringga Jurang Utara Sebagai Desa Laboratorium Proklim didasari karena Desa Pringga Jurang Utara merupakan wilayah yang sangat strategis sebagai desa sasaran Proklim.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca),” kata Armin.
Sebagai langkah awal, Prodi Pendidikan Geografi Hamzanwadi menerjunkan mahasiswa PKL untuk memetakan potensi desa, baik potensi alam maupun sosial ekonomi, tegasnya.

Selain itu, Armin Subhani menegaskan bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

Secara ekologis wilayah desa ini termasuk hulu DAS Kalipalung, dan sebagian wilayahnya termasuk dalam hutan primer. “Atas dasar tersebut, desa ini sangat urgen sebagai zone resapan dan konservasi hutan. Untuk itulah, desa ini terus berbenah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa berbasis konservasi”, tegasnya.

Abdul Halim, S.P selaku kepala desa menyampaiakan, beberapa hal yang sedang dilakukannya adalah membuat PERDES tentang perlindungan mata air dan setiap KK (Kepala Keluarga) diprogram menanam 1 pohon manggis, alpukat, dan durian. Hal itu dilakukan agar masyarakat sadar untuk melakukan tindakan pelestarian lingkungan yang berdampak pada tambahan penghasilan mereka.

“Dengan adanya pendampingan dari perguruan tinggi, program-program yang sudah berjalan dan yang akan dilaksanakan diharapkan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan, “ harapnya (ram)