Selenggarakan TOEFL, Ponpes Ulil Albab Kerja Sama Universitas Hamzanwadi

BERITA_TOEFL.jpg

Univeritas Hamzanwadi terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Kali ini kerja sama bersama Pondok Pesantren Ulil Albab Gegek Desa Perian Kecamatan Montong Gading Lombok Timur untuk meyelenggarakan Test of English as Foreign Language (TOEFL) institutional testing program (ITP).

TOEFL biasa diperlukan baik untuk tujuan akademik dan pekerjaan serta hal umum lainnya yang berhubungan dengan hal-hal berkenaan dengan pendidikan, misal untuk syarat masuk kuliah di dalam ataupun luar negeri yang dibiayai oleh negara atau umum misal melamar pekerjaan dengan hasil skor tertentu.

Kepala Pusat Bahasa Universitas Hamzanwadi, Hamzani Wathoni mengatakan, kerja sama ini dilakukan guna melakukan pendampingan terhadap siswa siswi MA Ulil Albab yang ingin melaksanakan TOEFL bagi mereka untuk mempesiapkan diri masuk kuliah dan ingin meraih beasiswa.

"Poin dari kerjasama kita ini yakni, pendampingan TOEFL, Test TOEFL ITP, dan Pendampingan Beasiswa kepada para alumi yang memenuhi kriteria untuk melanjutkan studinya ke luar negeri lewat jalur beasiswa," papar Hamzani, Senin (23/11/2020) di Pancor Lombok Timur, NTB.

Selain itu, kerja sama ini dihajatkan untuk mempersiapkan lulusan MA yang akan melanjutkan studi ke luar negeri setelah selesai di Ulil Albab. "Maka kami dari Pusat Bahasa Universitas Hamzanwadi menyambut baik kerjasama ini sebagai upaya untuk menfasilitasi masyarakat di luar universitas sebagai bentuk pengabdian kepada masyaraka," ungkapnya.

Ia menyebutkan, pendampingan tes TOEFL seperti ini merupakan hal penting karena kendala dari generasi saat ini untuk merebut peluang beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi melalui pemerintah, banyak gagal pada persoalan itu.

"Jadi, program ini sangat perlu, mengingat banyaknya beasiswa yang tersedia, tapi tidak bisa diakses oleh anak-anak muda kita, hanya karena terkendala TOEFL," papar Dosen Bahasa Inggris itu.

Ia berharap pada madrasah atau sekolah lain untuk bisa membangun kerja sama dengan pihak universitas guna mempersiakan siswa-sisiwinya untuk bisa masuk di perguruan tinggi luar negeri.

"Kami berharap kerjasama ini bisa menjadi jambatan yang menghubungkan pihak kampus, sekolah, dan masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," harapnya.

Selain itu, tujuan kerja sama ini juga sebagai upaya meningkatkan dan membina hubungan kelembagaan di antara para pihak dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan tugas serta fungsi masing-masing.

"Paling penting adalah upaya meningkatkan kesadaran para siswa dan siswi, khususnya di Pondok Pesantren Ulil Albab tentang betapa pentingnya pelatihan kebahasaan (TOEFL)," pungkasnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Ulil Albab, TGH. Lalu Suparlan mengatakan, kerja sama yang dilakukan antara Ulil Albab dengan Universitas Hamzanwadi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa yang selama ini telah digembleng dengan bahasa Inggris.

Ia berharap untuk kerjasama pelatihan bahasa terutama TOEFL dapat memberikan kontribusi bagi Ulil Albab. Kepada siswa dan siswi, ia berpesan untuk berperan aktif dan berpartisipasi dan program ini diharapkan bisa mendatangkan kebaikan untuk generasi, terutama generasi muda nahdlatul wathan (NW) dan melanjutkan perjuangan maulana syaikh dan perjuangan untuk umat.