Detail Post

Visitasi Prodi PGPAUD

DSC_0159.JPG

Kamis, 23/05/2019.
Rektor : Akreditasi Adalah Sebuah Kebutuhan
Visitasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Hamzanwadi berjalan lancar. Acara yang dilaksanakan di Meeting Room Rektorat Universitas Hamzanwadi tersebut  dihadiri para jajaran menejmen, dosen Prodi, dosen Fakultas dan tentu sebagai penyempurna pelaksanaan akreditasi dengan kedatangan tim Assesor dari BAN PT, diantaranya Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Rohimi Zamzam, S.Psi, S.H, M.Pd.Psi dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Tidak ketinggalan juga Rektor Universitas Hamzanwadi, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, selaku pemimpin kampus hijau ini hadir dan memberikan sambutan hangat kepada para tamu dari BAN PT di tengah-tengah kesibukannya sebagai wakil gubernur Nusa Tenggara Barat.
Dalam kesempatan tersebut, Ibu Rektor menyampaikan akan pentingnya program akreditasi. Dikatakannya bahwa, sebagai institusi yang belum lama berdiri menjadi Univeritas harus ada peningkatan dan menjadikan akreditasi sebagai sebuah kebutuhan. “Akreditasi ini harus menjadi sebuah kebutuhan. Sehingga bukan hanya lima tahun sekali. Namun ketika sudah matang dan siap, maka kita harus melakukan akreditasi” tegasnya.
Ia juga menyampaikan, Universitas Hamzanwadi sejak dialih status dari STKIP Menjadi Universitas sudah mendapatkan progress yang cukup membanggakan. Dimana secara institusi, Universitas Hamzanwadi sudah mendapatkan nilai akreditasi B setelah Unram. “Alhamdulillah, ini adalah prestasi yang membanggakan. Dimana secara institusi, sejak 2017 mengajukan akreditasi, Universitas Hamzanwadi sudah mendapat nilai B” jelasnya.
Program Studi PG PAUD sendiri merupakan salah satu program studi yang baru meluluskan satu angkatan alumni. Meski demikian, Program Studi PG PAUD sudah menunjukkan progress yang begitu baik. “Prodi PG Paud ini salah satu prodi yang cukup membanggakan, karena belum lima tahun, kita sudah mengajukan akreditasi lagi” terangnya.

Sementara, salah satu tim assesor dari BAN PT, Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd menjelaskan tujuan dilakukannya visitasi ini dalam rangka menilai dan mengaudit seberapa besar perkembangan dari Program Studi yang diajukan untuk di akreditasi. “Salah satu tujuan dilakukan visitasi ini adalah untuk menaudit bagaimana mutu ekstrnal. Sejauh mana sebuah Program Studi itu berkambang”jelasnya.
Acara yang dilaksanakan dimomentum puasa tersebut diharapkan bisa membawa keberkahan dan menjadi hal yang positif untuk perkembangan Program Studi, terutama bagi institusi. Kemudian, pembukaan tersebut ditutup dengan pantun dari salah satu tim assesor, “Bukan titik yang membuat tinta, tapi tintalah yang membuat titik. Bukan cantik yang membuat cinta, tapi cintalah yang membuat cantik” ungkapnya, sambil ditutup dengan tepuk tangan yang riuh. (ram)