Detail Post

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Berjalan Sukses

Workshop_Penulisan_Artikel.jpg

Universitas Hamzanwadi tanpa henti berikhtiar meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki. Kali ini, dosen Universitas Hamzanwadi mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman dalam hal penulisan artikel ilmiah yang ditargetkan bisa dikirim ke jurnal internasional bereputasi. Selasa, 26 Maret 2019, Universitas Hamzanwadi sukses menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Internasional. Hadir sebagai narasumber yaitu Ifdil, Ph.D., dosen Universitas Negeri Padang dan sekitar 50 dosen hadir sebagai peserta. 

Dalam sambutannya Dr. Khirjan Nahdi, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Akademik, menyampaikan betapa pentingnya dosen menulis dan mempublikasikan tulisannya di berbagai media baik itu pada jurnal  nasional, internasional, buku, maupun media lainnya. Beliau menyampaikan juga jika semua dosen di Universitas Hamzanwadi aktif dalam menulis dan menerbitkan tulisannya maka hal tersebut berdampak pada peningkatan prestasi dan kualitas secara kelembagaan, sehingga diharapkan semua dosen terus menulis dan menulis.

Ifdil, Ph.D. menyampaikan bahwa publikasi Universitas Hamzanwadi pada SINTA relatif pada posisi menengah, sehingga perlu ditingkatkan kembali semangat dosen dalam menulis, termasuk membuat suatu kebijakan agar target publikasi bisa meningkat. Dalam paparannya,  alumni Universiti Teknologi Malaysia tersebut juga menyampaikan bagaimana menulis artikel ilmiah sesuai dengan kriteria dan standar jurnal internasional bereputasi. Beliau juga berbagi pengalaman bagaimana menyelenggarakan seminar internasional agar output seminar tersebut bisa menghasilkan prosiding terindeks Scopus. [ibl].