KULIAH UMUM KESEHATAN OLEH DOSEN UGM DI UNIVERSITAS HAMZANWADI

Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi menggelar Kuliah Umum dengan tema “Pengaruh Kesehatan Gigi Terhadap Kesehatan Sistemik” Narasumber drg. Suryono, S.H., M.H.,  Ph.D., Dosen Kedokteran Gigi UGM dan diperbantukan sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung, Ahad 15 Januari 2017 M/ 17 Rabiul Akhir 1438 H di auditorium Siti Rauhun ZAM Universitas Hamzanwadi. Kuliah Umum yang dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dekan Fakultas Kesehatan, Dekan FKIP, Ketua Program Studi, Dosen dan Mahasiswa Universitas Hamzanwadi.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I, Dr. Khirjan Nahdi, M.Hum. mengatakan hari ini hari bersejarah bagi manajemen Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi walaupun usianya masih dini mampu menyelenggarakan Kuliah Umum dengan baik dan lancar, semoga kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi.

Dalam Kuliah Umumnya, drg. Suryono, S.H., M.H.,  Ph.D mengatakan kebersihan gigi dan mulut adalah hal penting yang perlu terus dijaga. Kesehatan gigi dan mulut tak hanya terkait dengan persoalan estetika semata, tetapi juga dapat menimbulkan problem kesehatan yang serius. Timbulnya penyakit yang berkaitan dengan gigi seperti seperti karies (gigi berlubang) atau penyakit periodontal (infeksi gigi/plak gigi) misalnya, dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh.

Menurut Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung, dua jenis gangguan pada gigi dan mulut ini dapat menimbulkan penyakit sistemik. “Apabila tidak cepat ditanggulangi dapat menyebabkan mikroba dalam plak gigi, menyebar dan menimbulkan penyakit sistemik seperti gangguan pada jantung, saluran pernapasan, diabetes bahkan menyebabkan kelahiran prematur,” katanya.

Karies atau gigi berlubang merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yaitu email, dentin dan sementum yang memfermentasi karbohidrat pada gigi.

Proses karies ditandai dengan terjadinya demineralisasi pada jaringan keras gigi, diikuti dengan kerusakan bahan organiknya yang menyebabkan terjadinya invasi bakteri dan kerusakan pada jaringan pulpa serta penyebaran infeksi ke jaringan periapikal dan menimbulkan rasa nyeri.

Sedangkan penyakit periodental merupakan penyakit infeksi yang disebabkan bakteri yang terakumulasi dalam plak, yang menyebabkan gingiva mengalami peradangan, sehingga sering juga disebut penyakit plak.

Ia mengatakan, sama seperti organ tubuh lainnya, rongga mulut merupakan tempat berkumpulnya bakteri aerob maupun anaerob. Bakteri rongga mulut dapat menyebar melalui aliran darah yang disebut bakteremia.

Dapat disimpulkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang dipelihara dengan baik dapat menghindarkan seseorang dari resiko menderita penyakit gigi dan mulut serta penyakit sistemik.