Pembinaan Dosen di Lingkungan Universitas Hamzanwadi

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu indikator penentu dalam menentukan kualitas perguruan tinggi. Salah satu dari SDM tersebut adalah dosen. Universitas Hamzanwadi sebagai perguruan tinggi swasta terbaik tahun 2016 di NTB versi Kemenristekdikti terus berikhtiar dalam meningkatkan kualitas dosennya. Pimpinan terus mendorong agar dosennya melanjutkan studi sampai Strata Tiga (S3) secepatnya. Tidak hanya melanjutkan studi, namun pimpinan juga terus mendorong agar dosen meningkatkan Jabatan Akademiknya secara berkala agar jumlah Lektor Kepala meningkat dan adanya Guru Besar yang dikukuhkan tahun ini.

Hari ini, 27 Maret 2017, Wakil Rektor II Universitas Hamzanwadi, Dr. H. Edy Waluyo, M.Pd. memberikan bimbingan teknis tentang perencanaan studi dan peningkatan jabatan akademik. Wakil Rektor II menyampaikan agar dosen yang masih S2 harus segera melanjutkan studi ke jenjang S3, jangan keasyikan dengan gelarnya yang sekarang, S2 merupakan standar minimal menjadi dosen, imbuhnya. Disamping itu, bagi dosen yang memiliki jabatan akademik asisten ahli agar segera ke lektor, yang lektor segera ke lektor kepala, dan bahkan ke guru besar. Ada sekitar 5 orang dosen yang diproyeksikan menjadi guru besar tahun ini. Semoga dilancarkan.

Direktur LP3M menyampaikan agar dosen harus sungguh-sungguh dalam melaksanakan tridharma, LP3M akan terus mendorong sekaligus mengawasi dosen agar melakukan yang terbaik bagi peningkatan kualitas kampus. Sementara itu, Kepala P3MP menyampaikan bahwa P3MP sudah menyiapkan mekanisme dalam validasi karya ilmiah dosen sehingga dosen yang akan mengurus jabatan akademik bisa memvalidasi karya ilmiahnya sesuai mekanisme yang sudah ada. Kesempatan terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor I, beliau menyampaikan agar dosen mampu melakukan tridharma secara terintegrasi dengan metodologi yang ilmiah sehingga dosen mengajar sekaligus melakukan penelitian serta melakukan pengabdian sesuai hasil penelitiannya.

Agar lebih efektif dalam malakukan pembinaan, maka kegiatan ini dilakukan menjadi empat kali pertemuan. Pertemuan pertama ini dihadiri oleh dosen jurusan Pendidikan MIPA FKIP dan dosen Fakultas Kesehatan. Dalam kesempatan ini hadir juga Wakil Rektor I, Direktur LP3M, Dekan FKIP, dan Kepala P3MP. Pertemuan berikutnya dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2017, 30 Maret 2017, dan 3 April 2017.

2 1