Peresmian BI Corner Universitas Hamzanwadi oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia

Jumat, 3 Maret 2017, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ibu Rosmaya Hadi, S.H., M.Si. meresmikan BI Corner yang berlokasi di Perpustakaan Universitas Hamzanwadi. Tidak hanya meresmikan BI Corner, kehadiran ibu Rosmaya didampingi oleh Pak Firmansyah (Penanggungjawab BI bagian Indonesia Timur dan Ibu Sari (penanggungjawab BI bagian UMKM), beserta tim dari BI pusat yang lainnya juga melaunching gerakan nasional non tunai dan melakukan kuliah umum. Selain itu, hadir juga Wakil Gubernur NTB, Kepala BI wilayah NTB, Direktur Bank NTB, anggota DPR RI Komisi XI (Wilgo Zainar), kepolisian Lombok Timur, Dandim, Ro’is ‘am dewan Mustasyar PB NW dan masyaikh MDQH NW Pancor lainnya, Rektor Universitas Hamzanwadi, dan civitas akademika Universitas Hamzanwadi.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Khirjan Nahdi, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada BI atas kepercayaannya memilih Universitas Hamzanwadi sebagai mitra dalam meningkatkan minat baca generasi muda salah satunya melalui BI Corner. Beliau juga menyampaikan bahwa sebagai institusi akademik, Universitas Hamzanwadi terus berupaya membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, S.H., M.Si., mewakili Gubernur NTB menyampaikan ucapan selamat datang di NTB lebih khusus di Pulau Lombok, “Pemerintah Provinsi mengapresiasi kehadiran Deputi Gubernur BI dan rombongan di pulau 1000 masjid, semoga bisa menikmati keindahan alam Lombok”, ungkap Wagub NTB. Beliau juga menyampaikan bahwa selain pertambangan, perekonomian NTB ditopang oleh pariwisata dan pertanian. Tahun 2017 ini, Pemprov NTB menargetkan 4juta wisatawan baik wisatawan manca negara maupun domestik. Untuk mencapai target tersebut, pemprov terus melakukan penguatan SDM dan promosi secara maksimal. Wagub NTB juga menyampaikan beberapa keberhasilan yang sudah diraih pemprov NTB, diantaranya adalah: pertumbuhan ekonomi kedua tertinggi di Indonesia (7,4%), produksi beras sekitar 1,4juta ton pada tahun 2016, produksi jagung 1juta ton pada tahun 2016 dan menargetkan produksi jagung 2,5juta ton pada tahun 2017. Diakhir sambutannya, Wagub NTB mengharapkan kepada BI agar KUR diturunkan menjadi 7% sehingga UMKM di NTB bisa tumbuh dan berkembang.

Deputi Gubernur BI, Ibu Rosmaya Hadi, S.H., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dari keluarga besar Universitas Hamzanwadi, semoga tetap terjalin kerjasama yang baik antara BI dan Universitas Hamzanwadi. Beliau menyampaikan bahwa BI Corner di Universitas Hamzanwadi termasuk paling nyaman dari beberapa BI Corner yang pernah dikunjungi. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan data UESCO bahwa minat baca warga Indonesia sebesar 0,001%, sangat rendah sehingga perlu ada upaya agar minat baca menjadi meningkat terutama yang harus didorong adalah angkatan muda termasuk mahasiswa agar pada tahun 2030 Indonesia mampu bersaing. BI hadir untuk semua masyarakat terutama anak-anak  muda. Beliau menyampaikan fungsi BI diantaranya adalah menjaga agar inflasi terkendali (bidang moneter) dan menjaga stabilitas keuangan. Pada kesempatan ini, Ibu Deputi menyarankan agar lebih dekat dengan bank, jangan dekat dengan rentenir, kepada mahasiswa disarankan agar harus aktif dalam melakukan pendampingan UMKM agar masyarakat lebih confidence terhadap produknya.Diakhir sambutannya, beliau berharap agar BI Corner bermanfaat bagi civitas akademika Universitas Hamzanwadi.

Setelah sambutan Ibu Deputi, pemotongan pita dalam rangka peresmian BI Corner di Universitas Hamzanwadi dilaksanakan. Peresmian ini dilakukan oleh Ibu Deputi langsung, Wagub NTB, dan Rektor Universitas Hamzanwadi serta didampingi oleh Wilgo Zainar, TGH. Yusuf Ma’mun, dan tim dari BI Pusat. Selanjutnya Ibu Deputi memukul gong Gerakan Nasional Non Tunai. Diakhir kegiatan ini, dipraktikkan transaksi non tunai menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Universitas Hamzanwadi yang sudah terintegrasi dengan sistem Bank NTB Syariah.

Peresmian BI Corner di Univesitas Hamzanwdi 13 9 8 7 6 12