Tongkek Binaan Universitas Hamzanwadi Goes To Australia Event Adelaide Fringe Festival

Selasa (27/18) Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah melepas rombongan Sanggar Armonica16 untuk tampil mewakili Indonesia pada kegiatan Adelaide Fringe Festival di Australia. Adeliade Fringe Festival merupakan event seni terbesar yang berlangsung setiap tahun di negeri kangguru Australia. Pada tahun ini Adelaide Fringe Festival akan menghadirkan 3000 artis dari seluruh dunia yang telah diselenggarakan sejak tanggal 16 Februari sampai 16 Maret mendatang.

Pada tahun ini, salah satu perwakilan Indonesia diwakili oleh Sanggar Armonica16 binaan Program Studi Sendratasik Universitas Hamzanwadi akan menampilkan kesenian musik “Tongkek” yang dipadukan dengan kesenian tari gandrung yakni pada tanggal 2,3, dan 4 Maret di dua tempat yang berbeda yakni TGI at Adelaide Town Hall dan NACC.

Sanggar Armonica16 berhasil pentas pada event tersebut setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang sehingga patut mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak. Menurut Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bahwa substansi pertunjukan Tongkek yang akan ditampilkan mengacu pada pemaknaan serta pemakaian simbol-simbol adat, budaya dan tradisi masyarakat Pancor, Lombok Timur. Lebih khusus mengangkat fenomena kehidupan masyarakat pancor yang merupakan pemilik tunggal kesenian tongkek ini dimana kesenian ini pernah sangat dibanggakan oleh Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Tongkek merupakan kesenian musik tradisional dari Lombok Timur yang pertama kali mewakili Indonesia pada event Adelaide Fringe Festival. Selamat Berjuang…(HK).