TP2GP Kunjungi YPH PPD NW Pancor

Senin (30/10) Tim Peneliti Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP) berkunjung ke Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darun Nahdlatain Nahdlatul Wathan (YPH PPD NW) Pancor dalam rangka melakukan verifikasi pemberian gelar pahlawan kepada Maulana Syaikh TGKH.Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Kunjungan Verifikasi ini merupakan tahap akhir dari proses pengusulan gelar pahlawan untuk Maulana Syaikh yang telah diajukan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui dinas sosial Provinsi.

Rencana sebelumnya, Tim TP2GP akan turun melakukan verifikasi pada bulan agustus dan september. Namun terjadi sedikit perubahan jadwal kunjungan sehingga baru terlaksana pada tanggal 29-31 Oktober 2017. Kedatangan Tim Pusat tersebut didampingi oleh dinas sosial provinsi NTB  langsung disambut dan diterima oleh pihak keluarga di Gelang. Setelah selesai pertemuan dengan keluarga Tim melanjutkan kunjungan ke lingkungan YPH PPD NW Pancor untuk melakukan verifikasi kelengkapan berkas pengusulan gelar pahlawan dan melihat jejak-jajak perjuangan Maulana Syaikh.

Pihak dinas sosial menyatakan bahwa kajian akademik dan berkas usulan gelar pahlawan Maulana Syaikh sudah lengkap. Berdasarkan hal tersebut dinas Sosial Provinsi yakin bahwa gelar pahlawan akan bisa dianugrahkan kepada Maulana Syaikh. Selain itu untuk mendorong terwujudnya hal tersebut dinas sosial berkerjasama dengan pihak yayasan terus mensosialisasikan tentang kiprah dan perjuangan Maulana Syaikh kepada para pelajar dan masyarakat. Dukungan dari masyarakat NTB juga sangat tinggi sehingga dibanyak tempat terlihat baliho dukungan dari berbagai unsur untuk mendukung pemberian gelar Pahlawan kepada Maulana Syaikh.

Berdasarkan keterangan dari pihak dinas sosial NTB, Insya Allah pada tanggal 9 November mendatang pihak keluarga atau pemerintah daerah sudah akan menerima pemberian gelar Pahlawan dari pemerintah pusat. (asr)