ArabicEnglishIndonesian

Berita

Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Raih Dua Juara Favorit PHP2D Abdidaya Kemdikbudristek

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyelenggarakan Program Abdidaya 2021 dengan IPB University sebagai tuan rumah.

Abdidaya 2021 ini mengusung tema “Mewujudkan Semangat Gotong Royong Mahasiswa Membangun Desa sebagai Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”. Dan memiliki 113 nominator perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kegiatan utamanya terdiri dari penilaian ouput, wawancara, virtual expo, sarasehan, semiloka nasional dan malam penganugerahan penghargaan “Adidharma Sahwahita”.

“Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi sebagai juara umum. Semangat Adidharma Sahwahita memiliki makna pengabdian yang agung dan bermanfaat bagi kita semua,” ujar Dr. Drajat seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (3/12).

Program Abdidaya 2021 merupakan puncak dari program pengabdian, organisasi kemahasiswaan, mitra desa, dosen pendamping, Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dan Program Wirausaha Desa (Wira Desa). “Peserta kegiatan Abdidaya 2021 ditantang untuk memberikan dampak yang nyata dalam pemberdayaan masyarakat di desa yang dilaksanakan secara kooperatif dan tersebar di seluruh Indonesia,” imbuhnya.
Pada tahap Nominasi di program abdidaya ini, terdiri dari 4 skema, yaitu Organisasi Kemahasiswaan, Support System, Mitra Desa, dan Dosen Pendamping.

Adapun Universitas Hamzanwadi memperoleh 2 Juara Favorit dari Skema yang berbeda, yaitu pada Skema Organisasi Kemahasiswaan yang dimenangkan Oleh Korps Sukarela (KSR-PMI) Universitas Hamzanwadi dan pada Skema Mitra Desa yaitu BEM FMIPA dengan Desa Mitra adalah Pemerintah Desa Pringgasela.

Wakil Rektor III Universitas Hamzanwadi, Dr. Musifuddin, M.Pd menyampaikan bahwa “Program Abdidaya 2021 merupakan puncak dari program pengabdian, organisasi kemahasiswaan, mitra desa, dosen pendamping, Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dan Program Wirausaha Desa (Wira Desa). Peserta kegiatan Abdidaya 2021 ditantang untuk memberikan dampak yang nyata dalam pemberdayaan masyarakat di desa yang dilaksanakan secara kooperatif dan tersebar di seluruh Indonesia.”

Dr. Musifuddin, M.Pd menyampaikan rasa syukur atas capaian mahasiswanya, “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu kesukesan program ini. Universitas Hamzanwadi akan terus memaksimalkan setiap potensi yang ada meraih prestasi sebanyak-banykanya”

Bagikan yuk!!
Facebook
Twitter
WhatsApp
Berita Terbaru