SOSIALISASI LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI SMPN 1 SELONG

Sabtu 4 Maret 2017, Setelah berakhirnya kontrak kerja tim Lesson Study Universitas Hamzanwadi dengan Dikti pada tahun 2015, bukan berarti kegiatan Lesson Study juga berakhir, namun terus diimplementasikan baik di masing-masing program studi pada setiap semester, dikembangkan pula di sekolah/ madrasah lingkup YPH PPD NW mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, MTs dan Madrasah Aliyah, dan hari ini Sabtu 4 Maret 2017 diseminasi dilaksanakan ke SMPN 1 Selong atas undangan resmi kepala sekolah Safruddin, S. Pd. Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh guru.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh tim Lesson Study yang terdiri dari 3 (tiga) orang, pertama Dra. Hj. Hartini Haritani,M.Pd dengan materi pengenalan program diseminasi Lesson Study, kedua oleh Dr. Baiq Fatmawati, M.Pd menyampaikan Best Practice Lesson Study dan ketiga  Baiq Ariani Novianti, M.Pd dengan materi Lesson Study for Learning Community. Dengan sosialisasi ini diharapkan SMPN 1 Selong dapat mempraktikkan pola Lesson Study dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan terbangunnya learning community antara siswa dan siswa maupun antara siswa dan guru serta antara guru dan guru, sehingga siswa akan merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, tujuan dilaksankannya sosialisasi Lesson Study adalah meningkatkan kepekaan guru dalam mengenal permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar serta  meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tahapan Plan, Do dan See, sehingga pada pelaksanaan International Conference on Lesson Study ke-8 akan menambah peserta dari kalangan guru.