Workshop Tentang Kebiasaan Tidur Manusia oleh Mahasiswa Windesheim University

Pada hari ini, Kamis, 16 Maret 2017, Universitas Hamzanwadi menyelenggarakan workshop dengan tema “Sleeping Habits and Disorder”. Pemateri workshop disampaikan oleh Lisanne Jik Kemien Kroon, mahasiswa dari Windesheim University, Netherland, yang sedang melakukan program magang mahasiswa (Student Intership Program) di Universitas Hamzanwadi dari tanggal 6 Februari – 27 Juli 2017. Program workshop ini diikuti oleh 30 mahasiswa dari berbagai program studi.

Dalam workshop ini, Lisanne menyampaikan pernyataan-pernyataan dan fakta yang menarik dan menantang pemikiran (Thought-provoking) terkait dengan kebiasaan tidur dan masalah yang berkaitan dengannya. Salah satu pernyataan menarik adalah “You will die faster from not sleeping than from not eating”, yaitu sesorang tidak bisa bertahan hidup lama tanpa tidur dibandingkan dengan tanpa makan. Fakta menarik disampaikan bahwa “It takes two weeks to die from not eating and ten days to die from not sleeping”, sesorang akan bertahan hidup selama dua minggu tanpa makanan dan sepuluh hari tanpa tidur.

Pernyataan dan fakta lain yang menarik adalah “everybody needs eight hours of sleep”. Pernyataan ini disanggah oleh Lisanne dan memberikan fakta bahwa kebutuhan istirahat seseorang berbeda-beda berdasarkan jenjang usia masing-masing orang. Baby (bayi); 14 – 17 jam, Toddlers (anak yang sedang belajar berjalan): 12 – 14 jam, Pre-schoolers (anak dibawah 5 tahun): 10 – 12 jam, Primary schoolers (anak sekolah dasar antara 5-11 tahun): 10 – 11 jam, Young adults (Remaja): 8 – 10 jam dan Adults (dewasa): 7 – 8 jam.

Kegiatan workshop berjalan dengan baik dan peserta terlihat begitu antusias responsif terhadap pernyataan dan fakta yang disampaikan oleh pemateri. Lisanne, selaku pemateri menyatakan kesenangannya dan merasa terkesan dengan partisipasi mahasiswa yang sangat aktif ketika dia menyampaikan materi. “I was very happy. The students were very active and enthusiastic to participate in my workshop”, ungkapnya.

Kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan agar mahasiswa di Universitas Hamzanwadi mendapatkan pengalaman berharga dari Negeri Kincir Angin tersebut.